Visi dan Misi

VISI MANAJEMEN INFORMATIKA

Terwujudnya Program studi yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang teknologi informasi serta menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi berlandaskan pada falsafah Tri Hita Karana.

 

MISI MANAJEMEN INFORMATIKA

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi di bidang teknologi informasi, yang memenuhi standar kelayakan, sesuai dengan keperluan pasar kerja.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk pengembangan, dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang teknologi informasi
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat, mendesiminasikan hasil-hasil penelitian di bidang teknologi informasi ke berbagai pihak yang terkait.

TUJUAN PROGRAM STUDI

Dengan visi dan misi tersebut di atas maka tujuan umum Program Studi Manajemen  Informatika adalah sebagai berikut :

Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan atau menciptakan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta memiliki sikap terpuji dan wawasan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Tujuan khusus Program Studi Manajemen Informatika adalah menghasilkan lulusan yang memiliki aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

  1. Pengetahuan
    • Memiliki wawasan keilmuan bidang teknologi informasi yang dapat diterapkan dalam berkehidupan di masyarakat.
    • Memiliki wawasan serta mampu memahami karakteristik, substansi keilmuan dan keterampilan dalam bidang teknologi informasi.
    • Memahami    prinsip/konsep dalam menghadapi perubahan dan perkembangan IPTEKS, serta mampu memecahkan berbagai permasalahan dalam bidang teknologi informasi.
    • Menguasai disiplin ilmu dan keterampilan dalam bidang teknologi informasi dalam konteks yang lebih luas yang erat kaitannya dengan masyarakat dan lingkungan.
  1. Keterampilan
    • Menguasai keterampilan dalam menghubungkan substansi ilmu dan keterampilan dalam bidang teknologi informasi.
    • Mampu mengaplikasikan dan mengimplementasikan keterampilan dalam bidang teknologi informasi untuk kesejahteraan masyarakat serta turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa.
  1. Sikap
    • Mampu menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam melaksanakan tugas sebagai makhluk Tuhan.
    • Mampu mengaktualisasikan diri dalam kehidupan bermasyarakat dan beragama.
    • Mampu berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta memiliki kemampuan bekerjasama.
    • Mampu mengembangkan profesionalisme dalam bidang teknologi informasi dengan baik dan bertanggung jawab.

Disamping menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional, Program Studi Manajemen Informatika juga bertujuan untuk:

  1. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.
  2. Mengembangkan dan menghasilkan berbagai karya inovatif produktif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menghadapi tantangan dan persaingan global.
  3. Mengembangkan pelayanan sistem informasi dan manajemen untuk civitas akademika lembaga.