Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Komponen Komputer berbasis Virtual Reality

Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Komponen Komputer berbasis Virtual Reality

Praktikum Perawatan Komputer Sub Materi Pengenalan Komponen Komputer

Modul VR Pengenalan Komputer mencoba menghadirkan linkungan tiga dimensi dalam interaksi pembelajaran mahasiswa melalui pengembangan media pembelajaran berbasis Virtual Reality. Tujuan pengembangan VR dalam media pembelajaran adalah memberikan interaksi mahasiswa terhadap obyek 3D dalam lingkungan buatan yang diciptakan melalui VR. Obyek 3D dan lingkungan buatanya didesain sesuai dengan materi yang dibahas. Tidak hanya obyek statis yang akan tampil, tetapi lebih dari itu adalah terjadinya interaksi antara media dengan mahasiswa baik dalam bentuk pemilihan menu, pemilihan atau pemindahan obyek, suara, ataupun penjelasan lainya. Tentu kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik, inovatif, dan memberikan imajinasi lebih bagi mahasiswa dalam belajar.

Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Komponen Komputer Berbasis Virtual Reality memberikan materi mengenai komponen komponen penyusun dalam PC dan komponen penyusun dalam CPU. Lingkungan luar berupa bangunan laboratorium komputer diintegrasikan dengan asset 3D komponen komputer, sehingga mahasiswa seolah-olah berinteraksi dengan komputer di dalam lab tersebut.

Interaksi Pengguna


Beberapa interaksi yang dibangun antara lain 1. Perpindahan scene berupa ruang komputer dan ruang perakitan komputer. 2. Pemilihan komponen komputer menggunakan gesture control berupa joystick atau eye tracking info 3. Setiap komponen dapat dipilih dan bergerak, serta mengeluarkan suara untuk memberikan penjelasan detail mengenai komponen tersebut.

Scene 1 merupakan scene awal aplikasi, dimana pada scene ini ditampilkan berupa tampilan gedung laboratorium komputer bagian depan disertai dengan beberapa menu seperti home, indikator, capaian pembelajaran, dan informasi pengguna. Pengguna dapat memilih menu menggunakan eye tracking dengan fokus melihat menu selama 2 detik, atau menggunakan gesture control menggunakan joystick.

Selanjutnya pengguna dapat masuk ke scene 2 dan berinteraksi dengan komputer yang telah dirakit pada salah satu ruangan. Untuk dapat melihat detail komponen, pengguna dapat masuk ke scene 3 berupa ruangan detail lengkap dengan komponen komputer dan penjelasannya.